Kamis, 02 Januari 2014

PERKEMBANGAN WEB

PERKEMBANGAN WEB
Di jaman globalisasi ini perkembangan teknologi sudah sangat maju pesat. Terbukti dengan adanya internet dengan basis World Wide Web. Dimana World Wide Web ini berfungsi untuk mencari atau search suatu website yang diinginkan. Web ini  dimodifikasi lebih partisipatif dengan adanya sabuah web dimana web ini memiliki basis yang berawal dari web 1.0 hingga 4.0.
Pada pelajaran kali ini akan membahas tentang web 2.0. Namun sebelumnya masih banyak orang-orang yang  ketinggalan atau tidak tahu tentang teknologi, bahkan mereka hanya bisa mengerti dan menggunakannya, tetapi tidak tahu asal usulnya.  Dengan berkembangnya internet semua orang dapat mengakses sebuah informasi yang tidak hanya dari dalam negri melainkan dapat mengakses informasi hingga ke luar negri.
WEB 2.0
Web 2.0 itu adalah sebuah generasi baru dari World Wide Web, dimana World Wide Web lebih partisipatif. Istilah web ini terkenal sejak O’Reilly Media web 2.0 yang conference di tahun 2004. Web ini tidak merujuk kepada teknologi baru dalam World Wide Web (WWW), meskipun web 2.0 ini memiliki kecenderungan tertentu dalam bentuk design dan penggunaan teknik HTML,CSS, AJAX.
Secara sejarahnya atau historis, web 2.0 adalah come back dari sebuah bisnis web semenjak tragedi dotcom bubble burst pada tahun 2000 silam. Namun secara teknis, web 2.0 itu adalah sebuah pengklasifikasian wajah baru dari web. Dimana memiliki karakteristik pertukaran data many-to many yang terjadi. Di era sebelum tahun 2000 ada juga yang mengklasifikasikannya atau mengelompokkannya sebagai web 1.0, itu bagi mereka yang mengerti tentang pengetahuan mengenai web. (programming dan design atau geek), dan juga bagi pemilik modal yang bisa menghire programmer yang mampu menyediakan isi di web itu. (seperti gambar, teks, dan musik).  Sehingga pertukaran data ini terjadi secara one-to-many atau dari sedikit ke banyak.
Lebih sederhananya web 2.0 adalah sebuah klasifikasi dari web yang kemudian berevolusi menjadi lebih dari sekedar sebuah klasifikasi. (mengikuti era) yang juga membuat semua orang yang terhubung ke web mampu mendistribusikan dan menyediakan suatu konten (Teks, grafis, musik, dll) di web.
Pada web 2.0 juga dijelaskan bahwa dengan menggunakan web 2.0 ini banyak orang-orang yang dengan mudahnya tidak perlu pemrograman web pun mereka bisa berbagi sebuah data di web. Contohnya itu seperti melalui media sosial seperti blog, photo sharing, facebook, twitter, myspace dll).  Kemampuan pengguna internet biasa digunakan untuk mendistribusikan konten yang telah merubah wajah web. Dimana web tidak lagi didistribusikan dari sedikit ke banyak melainkan sudah didistribusikan dari banyak ke banyak.
Banyak sekali manfaat orang-orang menggunakan web 2.0 terlebih-lebih sebuah perusahaan banyak yang menggunakan web 2.0 tersebut. Keuntungannya itu adalah  dalam mendukung strategi bisnis pengembangan web 2.0 yang memungkinkan sebuah proses penyampaian data dua arah dan partisipasi pengunjung banyak memberikan kontribusi bagi pengembangan bisnis di perusahaan-perusahaan. Mungkin untuk dalam masalah promo, penjualan hingga masalah pelaporan data, kini dapat dilakukan secara real time dan sangat efisien melalui sebuah website.
Terdapat beberapa keuntungan perusahaan dalam pemanfaatan web 2.0 yaitu perubahan pada arus informasi. Dimana dahulu arus penyampaia informasi perusahaan hanya melalui website bersifat satu arah dan sangat terbatas. Oleh sebab itu dalam pengembangan web 2.0 ini arus informasi pada saat ini berlangsung dalam dua arah serta mendapat timbal balik.
Dengan demikian sebuah perusahaan tidak hanya memberikan informasi kepada si pembaca informasi, namun pembaca juga dapat memberikan masukkan kepada perusahaan itu, baik melalui sebuah forum, melalui email, media sosial, pengaduan, blog ataupun jajak pendapat dan lain sebagainya. Arus timbale balik ini merupakam suatu kelebihan dalam pengembangan website di era web 2.0 dibandingkan dengan era pengembangan website sebelumnya, yang dimana sebuah informasi hanya dilakukan satu arah saja.
Hubungan Web 2.0 dengan sebuah profesi atau pekerjaan
Web 2.0 selain dipakai dalam perusahaan, ini juga memiki hubungan dengan sebuah profesi dimana profesi ini sangat membutuhkan penyebaran dalam informasi yang cukup luas dan actual.  Profesi ini adalah sebuah profesi sebagai journalist. Di jaman teknologi sekarang ini penyebaran informasi sudah sangat mudah didapatkan, dengan cara membuka internet dan mencarinya di sebuah website.
Hubungan 2.0 dengan profesi journalist yaitu :
Ø  91% wartawan di Indonesia mencari informasi melalui internet.
Ø  Dari hasil survey 7 dari 10 wartawan setiap hari memonitori berita melalui media sosial seperti facebook, twitter, dll
Ø  95% wartawan memiliki akun facebook
Ø  56% wartawan memiliki akun twitter.
Disini karakter web 2.0 itu medium, kita yang mengonsumsinya hanya menjadi pusat menjadi “pemain pinggiran”. Disamping itu dengan hasil survey menurut orang-orang bahwa media sosial itu terkadang informasinya kurang akurat, atauipun banyak orang-orang yang membuat  informasi di media sosial kurang akurat tetapi untuk permasalahan penyebaranya sangat cepat sekali.
Terkadang seorang journalist menyikapi sebuah informasi atau berita itu dengan konspirasi yaitu bersatu padu untuk bersatu melakukan sebuah rencana.
·         Adanya sebuah kedilemaan profesi journalist dengan  web 2.0
*      Online Journalism
-          5W+1H
-          Keberimbangan
-          Akurasi
-          Piramida terbaik
-          News Value
-          Indepth Reporting
-          Ralat, koneksi dan pencabutan berita

*      Web 2.0
-          Immediacy
-          Interactivity
-          Kecepatan
-          Unlimited space
-          Search engine optimization
-          Multimedia convergence
-          Long tail distribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar